Menjaga Tubuh Anda Tetap Sehat Selama Virus Corona

Situs pemantau virus corona pemerintah Indonesia covid19.go.id mencatat bahwa COVID-19 telah menyebar ke 81 negara, termasuk Indonesia dengan total 2.228.938 pasien positif per 2 Juli 2021.

Sementara di dunia, saat ini terdapat 76.072.356 pasien. terinfeksi virus corona, dengan jumlah kematian mencapai lebih 1.960.779 orang. Mengingat luasnya penyebaran penyakit, Anda perlu mengetahui cara menjaga kesehatan saat virus corona Covid-19 menyebar agar tidak tertular.

Menjaga Tubuh Anda Tetap Sehat Selama Virus Corona

Kenali ciri-ciri virus corona Covid-19

Virus covid ini bisa menyebar dengan secara tidak langsung dengan melalui benda yang sudah terkontaminasi karena sentuhan dan cipratan tangan yang sudah terpapar. Apakah Anda tahu? Virus corona bisa tertinggal di permukaan benda dan memiliki daya tahan berjam-jam hingga beberapa hari, lho. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Hospital Infection, Februari 2020, virus corona dapat bertahan hidup di tempat-tempat berikut:

  • Di udara = 3 jam
  • Tembaga dan aluminium = 3-4 jam
  • Sarung tangan bedah atau medis = 8 jam
  • Karton atau kardus = 24 jam
  • Besi, baja dan plastik = 2 – 3 hari
  • Kayu dan kaca = 4 hari
  • Kertas = 4-5 hari

Bahkan, dalam beberapa kasus, virus ini bisa bertahan hingga 5 hari. Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO, organ pernapasan menjadi target utama infeksi virus corona. Bahkan, sebanyak 87,9% pasien yang terinfeksi mengalami gejala demam, 67,7% batuk kering, dan 28,1% merasa lelah.

Penyakit yang paling umum setelah seseorang terinfeksi adalah mengalami pneumonia. Meski memiliki daya tahan berhari-hari, virus corona juga bisa dimatikan. Pertama, dengan menyemprotkan disinfektan pada permukaan benda yang berpotensi menempel virus corona. Kedua, dengan membersihkan permukaan benda menggunakan sabun, termasuk saat mandi dan mencuci tangan.

Cara menjaga kesehatan tubuh saat tidak terjangkit virus corona

Dengan mengetahui ciri-ciri virus corona di atas, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tertular COVID-19. Anda bisa menerapkan langkah ini mulai dari diri sendiri atau berada di tempat umum. Apa saja cara menjaga kesehatan tubuh selama masa virus corona atau covid-19 agar tidak tertular?

Cuci tanganmu

Cuci tangan pakai sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 menjadi cara paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Mulailah dengan membasahi telapak tangan dengan air mengalir.

Pastikan anda mengkonsumsi imun booster agar daya tahan tubuh anda kuat. Kemudian sabuni telapak tangan dan gosok semua permukaan kulit tangan, termasuk telapak tangan dan punggung tangan, di sela-sela jari, setidaknya selama 20 detik. Kemudian bilas sampai bersih dengan air mengalir dan keringkan menggunakan kain atau tisu bersih.

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang benda di tempat umum seperti gagang pintu, tangga, dll. Anda juga perlu mencuci tangan setelah keluar rumah.

Pembersih tangan siap pakai

Jika tidak ada tempat untuk mencuci tangan, Anda bisa menggantinya dengan hand sanitizer. Ada banyak sekali produk hand sanitizer yang beredar di pasaran dengan kandungan alkohol mulai dari 30%.

WHO merekomendasikan agar orang menggunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Hal ini dikarenakan hand sanitizer dengan kandungan 60% atau lebih dapat membunuh virus COVID-19 yang memiliki ukuran cukup besar yaitu 400-500 mikrometer. Jika kandungan alkohol dalam hand sanitizer tidak sampai 60%, maka hanya efektif membunuh bakteri yang berukuran lebih kecil, yakni 0,5-5 mikrometer.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa botol kecil hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60% atau lebih saat bepergian. Dan anda bisa gunakan botol trifinity untuk minuman anda.

Klik tombol video di bawah↓↓↓↓

Jangan sentuh wajahmu

Ini sepele tapi sulit, karena dikutip dari CNN Indonesia, Maret 2020, sebuah penelitian Sydney University tahun 2015 menyebutkan bahwa seseorang menyentuh wajah rata-rata 23 kali per jam.

WHO mengatakan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan tubuh di masa virus corona, Anda harus berlatih menjaga tangan tetap diam agar tidak menyentuh wajah setidaknya selama satu menit.

Jika berhasil, tambahkan ke 5 menit, dan terus berlatih, sehingga Anda benar-benar dapat meminimalkan kebiasaan menyentuh wajah Anda.

Makan makanan bergizi

Mengkonsumsi vitamin atau suplemen dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah paparan virus corona. Namun para ahli gizi sepakat, lebih baik kita mendapatkan vitamin dan mineral langsung dari sumbernya daripada mengonsumsinya dari obat-obatan atau cairan olahan.

Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh karena dapat merangsang produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Sayuran yang kaya vitamin C antara lain brokoli (dalam mangkuk) sebanyak 50 mg, 1 buah paprika seberat 45 g mengandung 109,1 mg, bayam sebanyak 28 miligram (mg) per 100 g.

Anda juga dapat menemukan vitamin C dalam buah-buahan seperti jeruk dengan 59-83 mg vitamin C per buah, jambu biji dengan 200 mg, pepaya 94 mg, kiwi 84 mg, stroberi 52 mg, dan nanas 39-49 mg. Pastikan sistem imun anda selalu baik.

Jaga kebersihan lingkungan

Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor dapat meminimalisir paparan virus. Gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboard dan mouse, peralatan dapur, sakelar lampu, gagang laci, pegangan tangan. Untuk mendisinfeksi, gunakan air dan sabun, atau cairan yang mengandung alkohol.

Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi. Virus corona bisa menyebar hanya dengan berjabat tangan. Oleh karena itu, saat ini Anda sebaiknya tidak sembarangan memegang tangan orang lain. Hindari berjabat tangan, ganti dengan sapaan namaste atau letakkan tangan di dada.

Bawa peralatan makan sendiri

Selalu bawa peralatan makan sendiri. Pastikan alat makan dicuci dengan sabun sampai bersih. Pasalnya, virus corona memiliki daya tahan yang kuat pada permukaan logam. Dengan membawa peralatan makan sendiri, Anda akan lebih sadar akan kebersihan peralatan tersebut.

Pastikan untuk tidak menggunakan peralatan makan bersama-sama. Pasalnya, virus corona bisa menyebar melalui percikan air liur yang menempel di sendok. Untuk mendisinfeksi, gunakan air dan sabun, atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi.

Saat di tempat umum public

Selain usaha sendiri, Anda juga harus melakukan hal-hal berikut sebagai cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau Covid-19 berada di tempat umum.

Tidak ada kontak fisik

Virus corona bisa menyebar hanya dengan berjabat tangan. Oleh karena itu, saat ini Anda sebaiknya tidak sembarangan memegang tangan orang lain. Hindari berjabat tangan, ganti dengan sapaan namaste atau letakkan tangan di dada.

Jarak sosial

Kamu bisa menjaga kesehatan tubuh di masa virus corona dengan menjaga jarak dengan orang lain saat melakukan aktivitas bersama, minimal 1 meter. Kenapa 1 meter? Karena inilah kisaran cipratan air yang bisa menyebar dari mulut saat seseorang berbicara.

Sangat disarankan untuk tidak keluar rumah jika sedang merasa sakit atau tidak enak badan. Ini bisa berbahaya karena Anda bisa menularkan penyakit ini ke orang lain.

Menghindari transportasi umum

Jika terpaksa bepergian, jangan menggunakan transportasi umum. Karena di angkutan umum banyak orang berbaur satu sama lain. Anda tidak bisa melakukan social distancing di transportasi umum. Tak jarang, sesama penumpang di angkutan umum berdesak-desakan sehingga rawan penularan virus corona.

Bersihkan meja saat duduk di restoran

Jangan hanya duduk dan meletakkan tangan Anda di atas meja ketika Anda tiba di restoran. Pertama, bersihkan meja menggunakan tisu kering dan tisu basah yang mengandung alkohol minimal 60%. Karena Anda tidak tahu siapa yang menggunakan tabel itu. Desinfeksi meja makan penting untuk membunuh virus yang menempel.

Bantu perkuat imunitas daya tahan antibodi tubuh lawan virus
Klik Saya
Disclaimer hasil setiap individu bisa berbeda beda
Cek Ulasan Online Shop Klik Disini